Cari Blog Ini

foto

foto
debat bahasa Arab tingkat Asean

Jumat, 07 Mei 2010

Prosedur Pengembangan Buku Ajar Bahasa Arab

Prosedur Pengembangan Buku Ajar Bahasa Arab
Langkah-langkah pengembangan bahan ajar :
• mengidentifikasi tujuan pembelajaran
• melakukan analisis pembelajaran
• mengidentifikasi perilaku masukan dan karakteristik pembelajar
• merumuskan tujuan pembelajaran
• mengembangkan butir-butir tes
• mengembangkan strategi pembelajaran
• mengembangkan materi pembelajaran
• merancang dan melaksanakan evaluasi
• merevisi bahan pembelajar

Langkah-langkah pengembangan buku ajar bahasa arab :
 Analisis
Tahap ini dilakukan dengan mengumpulkan informasi yg berkaitan dengan matapelajaran yang akan dikembangkan dan silabusnya, juga informasi tentang karakteristik siswa.
 Perancangan
Pada tahap ini terdapat langkah-langkah yang harus diperhatikan,yaitu:
a. Menganalisis dan merumuskan tujuan pemebelajaran
• menuliskan prilaku umum
• menuliskan prilaku khusus
• menyusun prilaku khusus tersebut kedalam bagan
• menambah prilaku khusus tersebut atau mengurangi
• meneliti kemungkinan dan menghubungkan antara prilaku yang satu dengan yang lain
b. Mengembangkan butir-butir tes
penyusunan butir-butir tes harus memperhatikan hla-hal sebagai berikut:
• berdasarkan criteria yang dirumuskan dalam tujuan khusus pemeblajaran atau indicator keberhasilan
• berdasarkan muatan materi pada pokok bahasan yang akan dikembangkan
• memperhatikan kesesuaian butir soal dengan tujuan khusus pembelajaran
• membuat bentuk-bentuk soal dan menyusunnya
• menulis petunjuk
• mengerjakan soal-soal yang menghasilkan kunci jawaban
c. Mengembangkan strategi pembelajaran
dalam strategi pemebelajaran terdapat 5 komponen penting yang akan menjadi fokus yaitu:
• kegiatan pembebelajaran
• penyampaian informasi
• peran serta siswa
• pengetesan
• tindak lanjut
d. Mengembangkan media dan sumber belajar
hal-hal yang diperhatikan dalam memilih media adalah:
• dari segi biaya
• pertimbangan pedagogisnya
• interaktifitas dan kemudahan penggunaannya
• pertimbangan organisasi
• kebaruan
• kecepatan
e. Mengembangkan materi pembelajaran
langkah-langkah yang dilakukan adalah:
• memilih dan mengumpulkan materi yang relevan
• menyususn materi sesuai dengan urutan kegiatan pembelajaran
• mengidentifikasi materi yang diperoleh dari buku dan yang tidak dari buku
• menyususn program pengajaran
 Penyusunan dan penulisan buku ajar bahasa arab
Tahap ini meliputui:
a. Menyusun dan menulis petunjuk
b. Menyusun dan menulis tujuan pembelajaran
hal ini mengandung 3 komponen yaitu:
• menyebutkan keterampilan atau tingkah laku yang diidentifikasikan ke dalam analisis pembelajaran yaitu apa yang akan dilakukan pembelajar harus jelas
• memerlukan kondisi yang mendukung saat pembelajar belajar
• menyebutkan criteria yang dapat digunakan sebagai indicator penilaian sesuai tujuan
c. Menyusun dan menulis uraian materi pelajaran
dalam rangka menyususn dan memilih materi pembelajaran untuk disajikan pad siswa,hendaknya memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
• materi pelajaran harus relevan terhadap tujuan pembelajaran
• tingkat kesulitan materi disesuaikan dengan kemampuan siswa
• materi pelajaran harus bisa menunjang motivasi siswa
• materi pelajaran harus bisa membuat siswa aktif dalam berfikir dan melakukan kegiatan lainnya
• materi pelajaran harus sesuai dengan prosedur pembelajaran yang diikuti
• materi pembelajaran harus sesuai dengan media yang ada
d. Menyusun dan menulis soal-soal,latihan,tes,kunci jawaban dan tugas-tugas.
untuk menyususun tugas dalam pengembangan buku ajar harus memperhatikan syarat-syarat sebagai berikut:
• siswa mempunyai gambaran yang jelas mengenai materi dan prestasi yang diinginkan
• siswa mengetahui lama waktu yang diberikan dalam mengerjakan tugas dan kapan mengumpulkannya
• siswa mengetahui ketentuan dan sumber apa saja yang dapat digunakan dalam menyelesaikan tugas tersebut
• unsur-unsur apa saja yang dievaluasi dan berapa bobot yang diberikan
e. Menyusun dan menulis daftar mufrodat
 Evaluasi
Pada tahap ini buku yang telah disusun dievalusi kembali.tahap ini adalah evaluasi formatif.evaluasi ini dilakukan untuk mengumpulkan data yang digunakan dalam penyempurnaan buku ajar.
untuk evaluasi bahan ajar bahasa arab terdapat 3 langkah kajian,yaitu:
a. evaluasi tahap pertama, berupa review / kajian oleh bidang studi, dan ahli rancangan pembelajaran
b. tahap kedua, uji coba perorangan
c. tahap tiga, uji coba lapangan
 Revisi
Proses perbaiakan buku ajar tidak harus dilakukan setelah semua proses evaluasi selesai, tetapi bisa dilakukan pada setiap akhir tahap proses evaluasi. artinjya tiap kali ada masukan,pada saat itu pula diperbaiki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar